Selamat datang di blog jasa desain advertising www.handesain.com, hanya disini bisa anda dapatkan desain mudah, murah dan berkualitas, dapatkan kelebihan lain dengan memesan paket premium
DESAIN MURAH | MUDAH | BERKUALITAS

Channel Youtube:


40 Istilah dalam dunia Percetakan

Posted by HANdesain on Thursday, April 12, 2018

40 istilah dalam dunia percetakan handesain

Salam kreativ untuk sobat desain sekalian kali ini saya akan membahas mengenai bebrapa istilah dalam dunia percetakan atau digital printing, istilah ini sering kita jumpai ketika berhubungan dengan aktifitas printing baik itu oleh customer, desainer, akademisi, maupun operator digital printing. Ada yang bilang istilah itu tidak penting dan kebanyakan di lapangan orang meskipun tidak faham istilahnya tapi mengerti teknik, maksud dan cara kerjanya, namun apabila mengetahui istilah-istilah ini minimal dapat memudahkan ketika mengurus proyek di tempat kerja.
Berikut daftar istilah dalam dunia percetakan :

  1. Galeg atau bisa juga disebut cetakan kotor, warna yang tidak stabil ( Belang ) dalam sebuah cetakan yang ngeblok warnaAdditive Color yaitu warna primer yang terdiri dari RED, GREEN dan BLUE dimana penggabungan ketiga warna tersebut akan menghasilkan warna putih.
  2. AM dan FM screening adalah bentuk raster. AM screening ukuran titik berbeda, jarak sama.
    sedangkan FM screening ukuran titik sama, jarak berbeda dan hasil cetak lebih halus.
  3. Cast adalah unwanted color yakni efek warna yang tidak diinginkan misalnya yellowish dan bluish
4.      Eyemark adalah Blok hitam yang digunakan sebagai sensor mesin finishing. Ukurannya yg banyak digunakan 5 X 10 mm. Posisinya disesuaikan dgn kemampuan mesin finishing masing2 perusahaan.
5.      Bar Width Reduction yaitu Tingkat kerapatan bar pada Barcode yg menentukan Barcode tersebut mudah terbaca atau sulit terbaca.
6.      Color Sequence Surface adalah Urutan warna untuk proses naik cetak. Untuk cetak depan (terbaca) urutannya dari warna muda ke warna tua dan Untuk cetak belakang (tidak terbaca) urutannya dari warna tua ke warna muda
7.      Minimum positive line yaitu ukuran minimum line yang bisa tercetak dgn kondisi line berwarna tanpa background
8.      Minimum reverse line adalah ukuran minimum line yang bisa tercetak dgn kondisi line tidak berwarna dgn background berwarna
  1. Warna RGB adalah model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik seperti komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer karena warna latar belakang komputer adalah hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk berbagi intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).
  2. CMYK adalah warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna CMYK digunakan untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari bahan cetak seperti kertas dan lain-lain.
  3. Color Management System (CMS) adalah system software yang digunakan untuk mendapatkan warna yang konsisten dari peralatan input & output yang berbeda sehingga image cetakan akan sesuai dengan originalnya.
12.  Bleed adalah Area toleransi untuk di sisir/potong (sisiran)
13.  Minimum barcode size adalah Minimal besar barcode yg mudah terbaca. Biasanya 80% – 130%. Pada sofware untuk membuat barcode, scalenya bisa langsung di set.
14.  Barcode quiet zone adalah Area bebas di sekeliling barcode, Pada sofware untuk membuat barcode sudah ada guidenya semacam “Mark”
  1. Cetak Gravure adalah suatu teknik cetak yang menggunakan silinder sebagai acuan cetaknya.
  2. Cetak Fleksografi adalah suatu teknik cetak yang menggunakan acuan cetak berupa plat dari karet atau photopolymer.
  3. Continous Tone adalah Gambar yang terdiri dari nada uang sangat halus
  4. Cetak Offset adalah teknik cetak dengan menggunakan plat datar sebgai acuan cetak
  5. Duotone adalah proses pencampuran 2 warna pada umumnya terdiri dari campuran warna hitam dan warna khusus atau warna proses
  6. Digital Printing adalah teknologi cetak tanpa melalui proses pembuatan acuan melainkan proses langsung dari data digital.
  7. Delta E adalah total perbedaan nilai dua jangkuan warna dalam CIELAB
  8. FM Screening adalah suatu metode diman reproduksi gambar dilakukan dengan besar titik yang sama namun jaraknya berbeda.
  9. Gamut Warna adalah batasan warna yang mampu dihasilkan oleh suatu benda
  10. High key adalah gambar yang memiliki distribusi total yang tinggi pada bagian highlightnya
  11. Hue adalah warna itu sendiri, seperti merah, hijau, biru, cyan, magenta, kuning dan lain-lain
  12. Halftone adalah nada dari sebuah image yang terbentuk dari titik-titik raster dengan ukuran yang bervariasi sesuai dengan ukuran nada yang diwakilinya.
  13. ICC profile adalah suatu data yang mengandung karakteristik dan informasi dari suatu peralatan (ICC profile merupakan hasil kalibrasi)
  14. Moire adalah pola yang tidak kita inginkan pada gambar cetakan, hasil dari susunan yang berbeda antara dua atau lebih suatu raster.
  15. Low Keys adalah gambar yang memiliki distribusi total yang tinggi pada bagian shadownya.
  16. Lightness adalah nilai terang gelapnya suatu warna
  17. Metamerisme adalah suatu efek dimana dua buah benda Nampak sama bila disinari oleh cahaya tertentu namun terlihat beda bila disinari cahaya lainnya.
  18. Progressive Proof adalah suatu cetak yang dilakukan dengan menggunakan cetak offset satu warna dan biasa digunakan sebagai proof sebelum cetak sebenarnya.
  19. Rossate adalah pola yang dibentuk pada saat semua 4 warna halftone screen ditempatkan bersamaan pada masing-masing sudut rasternya.
  20. Screen Printing adalah suatu teknik cetak yang menggunakan silk screen sebagai acuan cetaknya
  21. Saturasi adalah intensitas suatu warna/kejenuhan warna
  22. Subtractive Color adalah warna skunder dari warna additive yaitu terdiri dari cyan, magenta, yellow yang dibentuk dari offset, cat, photo dll
  23. Spot Color adalah warna special/warna khusus yang digunakan karena keterbatasan warna proses
  24. Spectrophotometer adalah alat untuk mengukur cahaya yang dipantulkam/diteruskan melalui spectrum warna dan digunakan untuk pembuatan profile cetak, baik offset maupun printing.
  25. Screen Angle adalah sudut raster yang digunakan dalam reproduksi cetak
  26. Web Offset adalah jenis mesin cetak yang biasa digunakan untuk cetak Koran.

Terimakasih sudah membaca artikel 40 istilah dalam dunia percetakan semoga membantu dan bermanfaat.

dunia percetakan | istilah dalam percetakan | istilah dalam digital printingkamus istilah percetakan | istilah-istilah grafika | istilah lain untuk proses cetak adalah | sebutan untuk proses pasca cetak dalam dunia grafika adalah | kata lain cetak film | proof print adalah | cetak film disebut | arti proofing dalam percetakan




Blog, Updated at: 1:38 AM

0 comments:

Post a Comment

silahkan berkomentar pada dbo desain brosur online dengan bijak dan santun, terimakasih

pengumuman

1. Gratis revisi 3X , selebihnya akan dikenakan chas 10ribu
2. Konsumen juga dapat mencari sampel desain di internet untuk kami buatkan replikanya
3. Bagi sobat yang memerlukan NOTA kami untuk laporan silahkan download DISINI
4. Kami hanya melayani jasa desain, bukan jasa cetak
5. Beberapa hasil desain akan di publish pada blog ini
6. Tolong Matikan addblock ketika berkunjung ke blog ini

Mohon Doanya yg punya web lagi daftar CPNS 2018 semoga sukses ^o^
Makhyudin Khanif Kurniawan
Guru Seni, Youtuber, dan Frelance Desainer Grafis
336x280.id
desain brosur murah. Powered by Blogger.